Analisis berpikir komputasi dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tingkat kesadaran metakognisi siswa

Asror, Ahmad (2022) Analisis berpikir komputasi dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tingkat kesadaran metakognisi siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503056067_Ahmad_Asror] Text (Skripsi_1503056067_Ahmad_Asror)
Skripsi_1503056067_Ahmad_Asror.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Berpikir komputasi adalah kemampuan penyelesaian masalah melalui keterampilan dekomposisi, berpikir algoritma, pengenalan pola, dan abstraksi. Siswa dengan kesadaran metakognisi yang berbeda memiliki kemampuan berpikir komputasi yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas XI MIA 1 MA keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tingkat kesadaran metakognisi siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek diambil dengan menggunakan Teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi reflective use, 2 siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi strategic use, 2 siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi aware use, dan 2 siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi tacit use. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan indikator berpikir komputasi siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi reflective use dalam menyelesaikan masalah matematika adalah abstraksi, pengenalan pola, dan dekomposisi. Berikutnya, kemampuan berpikir komputasi siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi strategic use dalam menyelesaikan masalah matematika adalah abstraksi dan pengenalan pola. Kemudian, kemampuan berpikir komputasi siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi aware use dalam menyelesaikan masalah matematika adalah abstraksi atau dekomposisi. Sedangkan, kemampuan berpikir komputasi siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi tacit use dalam menyelesaikan masalah matematika adalah tidak memenuhi indikator berpikir komputasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Komputasi; Masalah matematika; Kesadaran metakognisi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 518 Numerical Analysis
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:06
Last Modified: 24 Oct 2022 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics