Pengembangan modul pembelajaran matematika berbentuk komik berbasis unity of science untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi perbandingan kelas VII MTs Futuhiyyah 2
Rizqi, Fariha Maulia (2022) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbentuk komik berbasis unity of science untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi perbandingan kelas VII MTs Futuhiyyah 2. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503056077_Fariha_Maulia_Rizqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (19MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbentuk komik berbasis unity of science untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi perbandingan kelas VII MTs Futuhiyyah 2 yang digambar secara manual menggunakan aplikasi Autodesk Sketchbook dan disusun dengan menggunakan Microsoft Power Point. Modul matematika berbentuk komik diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri yang menarik serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 5 langkah model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analysis (analisis), 2) design (perancangan), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi) dan 5) evaluation (evaluasi). Subjek coba adalah siswa kelas VII C MTs Futuhiyyah 2 yang berjumlah 37 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbentuk komik berbasis unity of science layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Kelayakan yang ditinjau dari segi validitas oleh penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria valid dengan nilai persentase rata-rata 85%. Berdasarkan hasil respon siswa memperoleh kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata 90%, dan hasil respon guru memperoleh kriteria sangat praktis dengan persentase 98%. Sedangkan hasil uji t berpasangan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t-hitung>t-tabel yaitu 3.155443>1.99346. Serta hasil skor n-gain sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbentuk komik berbasis unity of science efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi perbandingan kelas VII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Matematika; Komik; Unity of Science; Kemampuan representasi matematis; Perbandingan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17386 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year