Keefektifan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik di MA Miftahul Ulum tahun pelajaran 2021/2022

Kholifah, Nur (2022) Keefektifan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik di MA Miftahul Ulum tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066006_Nur_Kholifah] Text (Skripsi_1503066006_Nur_Kholifah)
Skripsi_1503066006_Nur_Kholifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah adanya kondisi covid-19 yang mengharuskan sekolah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan mengakibatkan turunnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik materi Gerak Parabola. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Ngemplak pada bulan April-Mei 2022. Teknik Sampling yang dipakai adalah teknik Sampling Total dengan kelas X IPA-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh t_hitung 2,989 dengan keputusan H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil Effect Size menunjukkan nilai 0.5257 berada dalam kategori sedang, artinya Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) menggunakan model Problem Based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Gerak Parabola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas; Problem Based learning; Gerak Parabola; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:16
Last Modified: 24 Oct 2022 06:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics