Implementasi alat praktikum kalor materi pendinginan air berbasis IOT (Internet of Thing) untuk siswa SMA/MA kelas XI

Hadi, Shofyan (2022) Implementasi alat praktikum kalor materi pendinginan air berbasis IOT (Internet of Thing) untuk siswa SMA/MA kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066014_Shofyan_Hadi] Text (Skripsi_1503066014_Shofyan_Hadi)
Skripsi_1503066014_Shofyan_Hadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Lembaga pendidikan ditingkat SMA/MA sering terhalang pada alat-alat untuk penunjang pendidikan. Alat-alat laboratorium yang tidak memadai terutama yang untuk bidang fisika bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Langkah efektif yang dapat dilakukan yaitu pengadaan peralatan baru yang tetap memperhatikan nilai ekonomis dan kualitas yang diperlukan. Seperti penambahan sensor-sensor, ataupun elektronika sejenisnya, serta yang berbasis internet of thing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan reaksi siswa terhadap produk. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development menurut model Borg and Gall. Penelitian ini melanjutkan penelitian khoirul muttakin (2021) dimana hanya sampai uji akurasi alat. Tahapan yang dilakukan antara lain : studi pendahuluan; validasi produk; uji lapangan. Terdapat 3 uji untuk menentukan kelayakan yaitu uji media, uji materi dan uji lapangan. Uji media dan materi dilakukan oleh 4 validator yang terdiri dari 2 dosen fisika dan 2 guru. Sedangkan uji lapangan dilakukan oleh 41 siswa kelas XI. Hasil persentase kelayakan 82,3% pada uji media dan 89,0% pada uji materi. Sedangkan pada uji lapangan mendapat persentase kelayakan 87,8%. Alat Praktikum kalor materi pendinginan air Sangat Layak untuk digunakan dalam praktikum kalor. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media. Respon para siswa sangat baik, antusias dan memperhatikan dengan baik serta kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat praktikum; Kalor; Pendinginan air; Kelayakan produk; Internet of thing; IoT
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:22
Last Modified: 26 Oct 2022 10:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics