Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang

Saputra, Wahyu Rizal (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016017_Wahyu_Rizal_Saputra] Text (Skripsi_1803016017_Wahyu_Rizal_Saputra)
Skripsi_1803016017_Wahyu_Rizal_Saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal atau yang berasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar individu. Salah satu faktor eksternal yang memberikan pengaruh cukup besar adalah guru. Kemampuan guru dalam mengajar merupakan bagian dari indikator kompetensi pedagogik guru.
Kompetensi guru yang diterima siswa melalui pancaindra akan dimaknai dan menghasilkan suatu persepsi. Baik buruknya persepsi siswa tergantung kemampuan guru dalam memberikan informasi di kelas. Apabila persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru baik, maka siswa akan mudah menerima pembelajaran dengan baik dan berdampak pada hasil belajarnya yang baik pula. Begitu juga sebaliknya, apabila persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru kurang baik maka siswa akan sulit menerima pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya yang kurang baik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa.
Selain faktor eksternal, faktor internal yang cukup berpengaruh dalam menentukan hasil belajar adalah motivasi belajar siswa. Motivasi memiliki pengaruh yang besar terhadap proses belajar siswa. Kuat lemahnya atau semangat tidaknya usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan akan ditentukan oleh kuat lemahnya motivasi yang dimiliki orang tersebut. Maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka potensi ketercapaian tujuan pembelajaran juga semakin tinggi. Oleh karena itu, terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Kompetensi Pedagogik; Guru; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Al-Qur’an Hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Oct 2022 00:44
Last Modified: 25 Oct 2022 00:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics