Efektivitas model pembelajaran meaningful instructional design (MID) berbantuan LKPD terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII

Khasanah, Khurotun (2022) Efektivitas model pembelajaran meaningful instructional design (MID) berbantuan LKPD terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056037_Khurotun_Khasanah] Text (Skripsi_1708056037_Khurotun_Khasanah)
Skripsi_1708056037_Khurotun_Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi siswa kelas VII yaitu siswa belum mampu menguasai materi prasyarat, belum mampu mengubah masalah nyata ke dalam model matematika untuk mendapatkan solusi, masih kesulitan dalam menentukan strategi yang harus dilakukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan representasi siswa rendah. Pokok permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan representasi matematis pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Al-Ikhlas Jatinegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen berdesain Posttest Only Control Design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t pihak kanan. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh t-hitung=4,602 dan t-tabel=1,671 dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 58 , menunjukkan bahwa t-hitung>t-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan perhitungan uji t yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran MID berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Meaningful Instructional Design MID; Kemampuan Representasi Matematis; Bentuk Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:16
Last Modified: 25 Oct 2022 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics