Efektivitas model pembelajaran pair check pada pembelajaran daring dengan pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri

Kholisoh, Evi (2022) Efektivitas model pembelajaran pair check pada pembelajaran daring dengan pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056093_Evi_Kholisoh] Text (Skripsi_1708056093_Evi_Kholisoh)
Skripsi_1708056093_Evi_Kholisoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Demak yang masih rendah , oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran pair check pada pembelajaran daring dengan pendekatan etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berdesain pretest-posttest control group design dengan teknik cluster random sampling, dan di dapatkan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis hasil posttest kemampuan pemahaman konsep diperoleh t-hitung=1,81 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-tabel=1,66, maka kedua analisis menghasilkan t-hitung>t-tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pair check pada pembelajaran daring dengan pendekatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri di SMA Negeri 1 Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pair Check; Pembelajaran daring; Etnomatematika; Kemampuan pemahaman konsep; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:26
Last Modified: 25 Oct 2022 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics