Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom
Fajriyyah, Rizqi Lailul (2022) Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1708076051_Rizqi_Lailul_Fajriyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas X MA Silahul Ulum menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Silahul Ulum. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 49 siswa dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi teori atom cukup tinggi yaitu sebesar 76%. Selain kategori miskonsepsi, siswa juga dikelompokkan dalam kategori memahami konsep (18%), memahami konsep akan tetapi kurang yakin (1%), dan tidak tahu konsep (5%). Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi meliputi kemampuan siswa, metode pembelajaran, dan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; Certainty of Response Index (CRI); Teori atom |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Tiara Muna |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 02:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 02:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17459 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year