Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom

Fajriyyah, Rizqi Lailul (2022) Analisis miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076051_Rizqi_Lailul_Fajriyyah] Text (Skripsi_1708076051_Rizqi_Lailul_Fajriyyah)
Skripsi_1708076051_Rizqi_Lailul_Fajriyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas X MA Silahul Ulum menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi teori atom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Silahul Ulum. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 49 siswa dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi teori atom cukup tinggi yaitu sebesar 76%. Selain kategori miskonsepsi, siswa juga dikelompokkan dalam kategori memahami konsep (18%), memahami konsep akan tetapi kurang yakin (1%), dan tidak tahu konsep (5%). Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi meliputi kemampuan siswa, metode pembelajaran, dan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Certainty of Response Index (CRI); Teori atom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:43
Last Modified: 25 Oct 2022 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics