Pengembangan e-LKPD berbasis POE (predict – observe – explain) untuk meningkatkan ketrampilan proses sains siswa SMA kelas X

Oktaviami, Hanifah Noor (2022) Pengembangan e-LKPD berbasis POE (predict – observe – explain) untuk meningkatkan ketrampilan proses sains siswa SMA kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066051_Hanifah_Noor_Oktaviami] Text (Skripsi_1503066051_Hanifah_Noor_Oktaviami)
Skripsi_1503066051_Hanifah_Noor_Oktaviami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perlunya pengembangan inovatif terhadap media pembelajaran di masa pandemi, serta menciptakan suasana belajar aktif dan merangsang siswa mengeksplor sendiri mengenai konsep fisika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict, Observe, Explain (POE) berorientasi Ketrampilan Proses Sains (KPS) menjadi solusi alternatif. Penelitian ini berfokus pada pengembangan E-LKPD berbasis POE dengan orientasi meningkatkan KPS siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa terhadap E-LKPD. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model penelitian dan pengembangan meliputi 7 tahap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Darul Ulum sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pemberian angket. Hasil penilaian kelayakan materi E-LKPD oleh ahli materi sebesar 81,48% dan ahli media 94,67% dengan kategori masing-masing sangat layak. Berdasarkan penilaian respon siswa sangat tertarik 0%, tertarik 64,89%, kurang tertarik 24,45%, tidak tertarik 10,66% dan sangat tidak tertarik 0%. Dapat dikatakan siswa memberikan respon positif terhadap E-LKPD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: e-LKPD; POE (Predict–Observe–Explain); Ketrampilan proses sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:50
Last Modified: 25 Oct 2022 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics