Analisis pengaruh market share terhadap ratio profitabilitas early warning system asuransi syariah di Indonesia (study kasus asuransi jiwa syariah periode 2009-2012)
Sairoh, Aminatus (2013) Analisis pengaruh market share terhadap ratio profitabilitas early warning system asuransi syariah di Indonesia (study kasus asuransi jiwa syariah periode 2009-2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
092411027_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (529kB) | Preview
092411027_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
092411027_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (141kB) | Preview
092411027_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
092411027_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (87kB) | Preview
092411027_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
092411027_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Seiring dengan banyaknya perusahaan asuransi konvensional yang mendirikan unit syariah menjadikan sengitnya persaingan dalam merebut pangsa pasar (market share) asuransi syariah. Dengan penemuan yang menunjukan pangsa pasar mempengaruhi tingkat profitabilitas banyak perusahaan yang meningkatkan pangsa pasar. Sedangkan menurut Philip Kotler menyebutkan tidak semua perusahaan yang mempunyai pangsa pasar besar mempengaruhi tingkat profitabilitas karena biaya untuk membeli pangsa pasar bisa jadi lebih besar dibanding pendapatan yang diterima. Salah satu tolak ukur yang dijadikan untuk mengukur kinerjan keuangan asuransi adalah Early Warning System (EWS). Sistem ini dapat memberikan peringatan lebih dini terhadap kesulitan kemungkinan keuangan dan operasional perusahaan asuransi dimasa datang.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh market share terhadap rasio profitabilitas EWS asuransi jiwa di Indonesia periode 2009-2012 (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat besar-kecilnya market share terhadap rasio profitabilitas EWS perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia periode 2009-2012.
Metodologi yang digunakan (1) pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan variabel rasio profitabilitas EWS (2) populasi penelitian adalah perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia yang berjumlah 17 perusahaan asuransi jiwa syariah dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampel yang sesuai dengan kriteria purposive sampel adalah 5 perusahaan (3) tehnik analisis yang digunakan yaitu dengan pendekatan analisa rasio profitabilitas EWS dan uji statistik multifariat manova.
Hasil penelitian menunjukan pertama dalam analisis EWS terhadap 5 perusahaan menunjukan terjadi peningkatan market share asuransi jiwa syariah dengan tingkat profitablitas yang berbeda-beda. Salah satu faktornya adalah karena biaya yang digunakan antara perusahaan satu dengan lainya berbeda kedua berdasarkan hasil uji hipotesis statistik menggunakan multifariat manova bahwa market share berpengaruh secara simultan terhadap rasio profitabilitas pada rasio pengembalian investasi dengan nilai signifikan 0,03 kurang dari 0,05 sedangkan market share tidak berpegaruh secara simultan pada rasio perubahan surplus, rasio underwriting, rasio klaim, rasio komisi dan rasio manajemen dengan nilai signifikan diatas 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market Share; Asuransi Jiwa Syariah; Ratio Profitabilitas; Early Warning System |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 05:09 |
Last Modified: | 03 Apr 2014 05:09 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1791 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year