Strategi customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah di BMT Al-Hikmah

Ni’mah, Winda Maulidatun (2022) Strategi customer service dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah di BMT Al-Hikmah. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015026_Winda_Maulidatun_Ni'mah] Text (TugasAkhir_1905015026_Winda_Maulidatun_Ni'mah)
Skripsi_1905015026_Winda_Maulidatun_Ni'mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan dominan penduduk muslim terbesar di indonesia, Maka dari hal itu yang bernuansa islam tetapi menjadi suatu hal yang menarik untuk diperbincangkan. Dengan itu perekmbangan ekonomi syari’ah juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun-tahun terakhir ini ekonomi syari’ah dengan lembaga keuangan di indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang langsung dilakukan oleh peneliti di lapangan dengan melalui wawancara dan berusaha menggambarkan, menjelaskan objek dengan kenyataannya.
Dari hasil penelirian ini, strategi pelayanan yang utama meliputi Responsiveness ( cepat tanggap) yang diberikan kepada costumer service adalah menyelesaian secara cepat dan tepat sertta tidak terburu-buru, memberikan solussi yang baik dan memberikan empati, sopan santun dan lemah lembut dalam berkomunikasi dengan nasabah. competence ( kompetensi) yang diberikan kepada nasabah adalah berkomunikasi dengan baik ,memberikan perhatian kepada nasabah serta kemapuan untuk memberikan solusi terhadap setiap masalah yang dialami nasabah. creadibilitty (kredibilitas) mempromosikan berbagai produk untuk menarik nasabah , memberitahu nasabah secara langsung maupun tidak langung bisa melalui brosur yang sudah disediakan . contribution ( kontribusi) memberikan kontribusi positif pada perusahaan dengan menunjukan sikap baik ,ramah dan sopan serta menciptakan suasana nyaman dan berperan aktif dalam pencapaian.honesty( kejujuran ) memberikan informasi kepada nasabah dengan jujur dan benar . service excellent (pelayanan prima ) melayani nasabah dengan cepat dan tepat ,serta pelayanan yang sesuai dengan standar kualitas berpenampilan menarik serta disiplin dalam menjalankan tugas adalah kunci keberhasilan pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Costumer Service; Pelayanan; Nasabah; BMT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:54
Last Modified: 21 Nov 2022 08:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics