Problematika rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Bunayya tahun ajaran 2021/2022

Tuti, Sahara (2022) Problematika rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Bunayya tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036009_Sahara_Tuti] Text (Skripsi_1803036009_Sahara_Tuti)
Skripsi_1803036009_Sahara_Tuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan wujud kualitatif dengan mendeskripsikan data yang sudah dikumpulkan berupa susunan kata-kata, tertulis gambar dan bukan sebuah angka. Penelitian ini dilakukan di SDIT Bunayya Gayo Lues, Aceh. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari ketua Yayasan Nurhayati Sahali yang menaungi SDIT Bunayya, Pengawas Internal Perguruan Bunayya, kepala sekolah SDIT Bunayya, Wakil Kurikulum SDIT Bunayya dan Koordinator Al-Qur’an SDIT Bunayya Gayo Lues.
Data observasi diperoleh melalui observasi secara langsung mengenai kegiatan rekrutmen di SDIT Bunayya Gayo Lues. Data dokumentasi berupa dokumen dengan pengurus Yayasan Nurhayati Sahali, Pengawas Internal Perguruan Bunayya, Kepala Sekolah SDIT Bunayya, Wakil Kurikulum SDIT Bunayya dan Koordinator Al-Qur’an SDIT Bunayya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses rekrutmen tenaga pendidik sudah berjalan dengan baik. Peneliti menemukan bahwa (1) proses rekrutmen tenaga pendidik secara umum sudah berjalan sesuai dengan teorinya Mathis dan Jackson tentang proses rekrutmen tenaga pendidik. (2) banyak problem yang muncul dalam pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik di SDIT Bunayya Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Rekrutmen; Tenaga pendidik; Sekolah Dasar Islam terpadu (SDIT) Bunayya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:08
Last Modified: 24 Nov 2022 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics