Pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III Tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 MI Walisongo Semarang

Impronah, Impronah (2022) Pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III Tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 MI Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096036_Impronah] Text (Skripsi_1803096036_Impronah)
Skripsi_1803096036_Impronah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III MI Walisongo Semarang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca yang diberikan kepada peserta didik kelas III di MI Walisongo Semarang. Penelitian tersebut menggunakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas III MI Walisongo Semarang. Pertama dilakukan analisis statistik deskriptif dengan hasil rata-rata nilai pretest 60,63 sedangkan nilai posttest 89,49, kemudian analisis tahap awal mengggunakan uji normalitas dengan hasil KDhitung0,1335 < KDtabel 0,272 artinya berdistribusi normal, tahap selanjutnya analisis tahap akhir yaitu uji normalitas dengan hasil KDhitung 0,260 < KDtabel 0,272 artinya berdistribusi normal dilanjutkan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dan (dk) = (25+25-2), Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 16,6233 sementara ttabel = 2,0106. Karena nilai thitung > nilai ttabel, maka H0 ditolak artinya ada perbedaan dari penerapan metode reading aloud terhadap peningkatan keterampilan membaca. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode reading aloud berpengaruh terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III MI Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode reading; keterampilan membaca; siswa kelas III.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:32
Last Modified: 26 Nov 2022 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics