Perilaku asertif kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari

Dwiyanti, Aprilya (2022) Perilaku asertif kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036026_Aprilya_Dwiyanti] Text (Skripsi_1803036026_Aprilya_Dwiyanti)
Skripsi_1803036026_Aprilya_Dwiyanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan perilaku asertif kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini mengambil fokus pada tujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan perilaku asertif kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, 2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja guru dalam penerapan perilaku asertif kepala sekolah di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perilaku asertif kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari sebagai berikut, 1) Dalam menerapkan perilaku asertif kepala sekolah di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari sudah baik, dimana dalam aspek permintaan beliau selalu berperilaku dan bertutur kata dengan baik, mengikutsertakan selalu guru dalam mengambil keputusan, jarang memberikan kalimat penolakan, memberikan kata pujian selalu terhadap para guru yang telah baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya disekolah, dan baik dalam mengekspresikan diri. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja guru yang ada. 2) Motivasi kerja guru dalam penerapan perilaku asertif kepala sekolah di MI Miftahul Ulum 02 Rowosari sudah ditunjukkan oleh guru dengan baik dengan tanggung jawab atas peran dan fungsinya di sekolah secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku asertif; Kepala sekolah; Motivasi kerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:57
Last Modified: 24 Nov 2022 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18046

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics