Manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Kudus

Sa’adah, Zahrotul Mu’anisus (2022) Manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036028_Zahrotul_Mu'anisus_Sa'adah] Text (Skripsi_1803036028_Zahrotul_Mu'anisus_Sa'adah)
Skripsi_1803036028_Zahrotul_Mu'anisus_Sa'adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Manajemen yang baik yaitu manajemen yang dapat memanfaatkan dan mengorganisasikan sumber daya dalam mencapai hasil dan tujuan yang baik. Dalam aktivitas pembiayaan pendidikan berkaitan langsung dengan perolehan dana (pendapatan) yang diterima dan bagaimana penggunaan dana tersebut digunakan untuk penggunaan yang baik. Pembiayaan sebagai salah satu dimensi yang menempati posisi yang sangat pentig dalam pendidikan karena pembiayaan merupakan jantung dari pergerakan praktek pendidikan mengenai relevansi akademis, atmosfer akademis, serta peningkatan di dalam inovasi pendidikan. Di pondok pessantren Al-Mawaddah Kudus salah satu pondok pesantren yang menjalankan manajemen pembiayaan yang pendanaan pendidikannya diperoleh dari usaha mandiri. Dalam pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan pondok pesantren dilakukan oleh bendahara dan pengasuh. Sumber dana pendidikan diperoleh dari syariah santri atau SPP, pemerintah, masyarakat yang sifatnya tidak mengikat, usaha mandiri. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pondok pesantren Al Mawaddah Kudus menerapkan pada kegiatan 1) budgeting atau anggaran 2) Acounting atau Pembukuan, 3) auditing atau pemeriksaan. Pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dalam kualitas disuatu lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan; Pondok pesantren; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:43
Last Modified: 25 Nov 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18049

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics