Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran matematika di era new normal untuk siswa kelas 3 SD N 1 Pesawahan Kendal 2021/2022

Mulyaningsih, Tri (2022) Analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran matematika di era new normal untuk siswa kelas 3 SD N 1 Pesawahan Kendal 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096068_Tri_Mulyaningsih] Text (Skripsi_1803096068_Tri_Mulyaningsih)
Skripsi-1803096068_Tri_Mulyaningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pemilihan metode dan media dalam pembelajaran matematika di Era New Normal untuk siswa kelas 3 SD N 1 Pesawahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran di Era New Normal dan menentukan faktor – faktor pemilihan metode dan media yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Era New Normal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada proses pembelajaran dikelas 3 SD N 1 Pesawahan, dukumentasi melihat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan melihat protokol kesehatan yang diterapkan disekolahan, serta wawancara dengan guru. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari hasil penelitian, pembahasan, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran di Era New Normal dilakukan sesuai dengan surat edaran yang dianjurkan pemerintah namun proses pembelajaran di Era New Normal juga memiliki kendala, seperti menentukan media dan metode dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan situasi pandemi Covid- 19 yang harus menerapkan protokol kesehatan didalam kehidupan sehari – hari atau sering disebut Era New Normal. Pada guru kelas 3 penyampaian materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab , penugasan untuk pembelajaran matematika dan menggunakan media gambar dipapan tulis.
Pada proses pembelajaran yang dilakukan di Era New Normal ada kendala yang dihadapi antara lain adalah membuat anak mematuhi protokol kesehatan , menentukan metode yang tepat, selain itu faktor – faktor saat pemilihan media dan metode harus sangat diperhatikan, tidak hanya memperhatikan faktor lingkungan atau situasi namun harus memperhatikan karakteristik siswa sesuai dengan materi yang akan diajarkan, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Era new normal; Media; Pendidikan matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:44
Last Modified: 24 Nov 2022 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics