Kinerja guru aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung

Aminah, Marisatul (2022) Kinerja guru aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036074_Marisatul_Aminah] Text (Skripsi_1803036074_Marisatul_Aminah)
Skripsi_1803036074_Marisatul_Aminah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis kinerja guru aqidah akhlak di madrasah aliyah . Penelitian kualitatif ini bersandar pada tiga jenis data yang mencakup data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara melibatkan tiga guru dan peserta didik di MAN Parakan Temanggung. Data observasi didasarkan pada kegiatan pembelajaran akidah akhlak dari tiga kelas. Sementara data dokumentasi melibatkan silabus, RPP, dan buku teks mata pelajaran akidah akhlak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru aqidah akhlak di MAN Parakan Temanggung tergolong baik, didasarkan pada tiga dimensi kinerja yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Aspek perencanaan pembelajaran termasuk kategori baik. Guru menyusun perencanaan pembelajaran sudah melibatkan sebagian besar dokumen yang dibutuhkan. Bersamaan dengan itu, aspek proses pembelajaran juga masuk kategori baik, hanya terkendala media yang terbatas. Aspek evaluasi pembelajaran termasuk baik, guru melakukan evaluasi dengan menekankan aspek kognitif dan psikomotorik, akan tetapi aspek afektif kurang tersentuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru; Perencanaan pembelajaran; Proses; evaluasi; Madrasah Aliyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:15
Last Modified: 25 Nov 2022 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics