Upaya meningkatkan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan pada tahun ajaran 2022/2023

Safirah, Bella (2022) Upaya meningkatkan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan pada tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Bella_Safirah_1803106028_Skripsi_Lengkap] Text (Bella_Safirah_1803106028_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803106028_Bella_Safirah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang upaya meningkatkan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok B di TKAISYIYAH BUSTANUL ATFHAL WERU PACIRAN LAMONGAN.
Meningkatkan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam bertujuan untuk meningkatan perkembangan motorik halus agar anak mampu melenturkan otoro-otot halus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce dengan menggunakan bahan alam di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru? 2)Bagaimana hasil peningkatan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Karena penelitian ini ikut berpartisipasi dengan lingkungan sekolah. Pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data yang didapat dari kepala sekolah dan beberapa guru dari kelompok B. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa menyimpulkan peningkatan ketrampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Weru Paciran Lamongan di ketahui bahwa hampir semua perserta didik sudah bisa dan berkembang sesuai harapan meskipun tidak semua anak di kelompok B , masih ada beberapa anak yang belum bisa memasukkan kebenang dan mengikatnya , penyebab anak belum bisa karena anak kurangnya aktif dalam menggerakan jari-jari tangan nya sehingga anak sulit untuk mengerjakan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus; Meronce; Bahan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 30 Nov 2022 05:08
Last Modified: 30 Nov 2022 05:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics