Pengaruh media diorama dalam pembelajaran tema 9 subtema 1 (benda tunggal dan campuran ) terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kajen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Askiya, Isna Dina (2022) Pengaruh media diorama dalam pembelajaran tema 9 subtema 1 (benda tunggal dan campuran ) terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kajen Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Isna_Dina_Askiya_1803096098_Skripsi_Lengkap] Text (Isna_Dina_Askiya_1803096098_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803096098_Isna_Dina_Askiya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran tematik adalah banyak siswa yang kesulitan menyerap pembelajaran, guru hanya memberikan materi tanpa menggunakan media. Menurut Sabri (1995:88) kesulitan belajar yaitu kesukaran siswa dalam menerima atau menyerap pelajaran disekolah. Dengan menggunakan media diorama dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 materi kenampakan alam di Indonesia menggunakan media diorama. Metode yang digunakan adalah adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dari hasil perhitungan analisis pengaruh 2 variabel diperoleh hasil rbis =0,836 > rtabel = 0,553 untuk taraf signifikan 5%, makaH0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Diorama; Pembelajaran Tema 9; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:09
Last Modified: 30 Nov 2022 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics