Hubungan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022

Rahmawati, Riyantika Diah (2022) Hubungan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Riyantika_Diah_Rahmawati_1803096113_Skripsi_Lengkap] Text (Riyantika_Diah_Rahmawati_1803096113_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803096113_Riyantika_Diah_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana hubungan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berjenis korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 22 responden. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan kemandirian belajar. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data foto, profil sekolah, daftar nama siswa serta data lainnya.
Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy diperoleh hasil rhitung = 0,471. Untuk taraf signifikansi 5% dengan N = 22 diperoleh rtabel = 0,423. Karena rhitung > rtabel maka Hipotesis diterima Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiturrahim Kinibalu Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Artinya, semakin baik lingkungan keluarga, maka cenderung semakin baik pula kemandirian siswa dalam belajar. Dengan konstribusi positif variabel (X) lingkungan keluarga terhadap variabel (Y) kemandirian belajar sebesar 22%. Adapun sisanya 78% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga; kemandirian belajar; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:27
Last Modified: 30 Nov 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics