Analisis strategi pemasaran produk talangan haji di Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Ungaran Semarang
Sa’adah, Nur (2013) Analisis strategi pemasaran produk talangan haji di Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Ungaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
092411133-CoverDll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
092411133-Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
092411133-Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
092411133-Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
092411133-Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
092411133-Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
092411133-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (23kB) | Preview
Abstract
Semakin tumbuh dan berkembangnya perbankan syariah di Indonesia akan mendorong pihak bank untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. Usaha yang dilakukan Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam menghadapi persaingan adalah dengan menyediakan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan menyediakan produk pembiayaan talangan haji BSM. Untuk memperoleh dana bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji dengan melakukan pembiayaan talangan haji di Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang. Oleh karena itu, Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang memformulasikan strategi pemasaran yang paling tepat bagi produknya agar tujuan-tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini disandarkan pada dua rumusan masalah yaitu bagaimana strategi pemasaran produk talangan haji di Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang dan apa saja kendala-kendala yang di hadapi Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang dalam memasarkan produk talangan haji.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk talangan haji di Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi Bank Syariah Mandiri Cabang Ungaran Semarang dalam memasarkan produk talangan haji. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder dan pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran produk talangan haji dari aspek diferensiasi dalam memberi pelayanan dan informasi cukup memuaskan untuk sasaran mitra dan nasabah produk talangan haji BSM cabang Ungaran Semarang yaitu seperti KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji), Komunitas Pengajian, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Puskesmas, Kepala Sekolah, Tokoh Agama dan orang-orang yang berinteraksi dengan masyarakat. Dengan pelayanan yang baik dan memuaskan disertai adanya berbagai penghargaan membuat citra Bank Syariah Mandiri bagus di mata masyarakat. Dari aspek Marketing mix, produk yang ditawarkan menyesuaikan kebutuhan masyarakat karena akan banyak manfaat yang didapat, sedangkan dari harga yang fleksibel untuk melakukan pembiayaan talangan haji . Untuk lokasi mudah untuk dijangkau oleh transportasi dan menggunakan sistem jemput bola. Sedangkan promosi menggunakan personal selling dengan menganalisa konsumen. Periklanan dengan media TV, Media Radio, Internet, brosur dan lain-lain. Publisitas dengan presentasi pada kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan, seperti: pengajian-pengajian, buka bersama atau kegiatan sosial lainnya. Promosi penjualan dengan memberikan souvenir kepada nasabah talangan haji. Seorang marketing di BSM Cabang Ungaran Semarang juga mempunyai sifat Teistis (rabba>niyyah), Etis (akhla>qiyyah), Realistis (al-waqi>’iyyah) dan Humanistis (insa>niyyah) dalam memasarkan produk talangan haji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Talangan Haji |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 09:14 |
Last Modified: | 03 Apr 2014 09:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year