Implementasi kegiatan Jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang

Nahdah, Huwaida (2022) Implementasi kegiatan Jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106049_Huwaida_Nahdah] Text (Skripsi_1803106049_Huwaida_Nahdah)
Skripsi_1803106049_Huwaida_Nahdah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang. Penelitian ini bertjujuan untuk memperoleh suatu gambaran mengenai penerapan dari kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang (2) Apa faktor pendukung kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti membuat deskripsi secara faktual, akurat, dan sistematis mengenai peristiwa yang sedang diteliti. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala TK dan guru kelas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan jum’at bersih untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Petarukan Pemalang sudah bisa dikatakan berhasil terbukti dengan terwujudnya kebiasaan peduli lingkungan anak sehari-hari dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempanya, dan membereskan mainan setelah digunakan. Kemudian terpenuhinya sarana dan prasarana seperti penyediaan tempat cuci tangan dan penyediaan tempat sampah didepan kelas masing-masing menjadi faktor pendukung kegiatan jum’at bersih ini. Faktor pendukung yang lainnya adalah pendidik yang berkompeten, dimana pendidik mampu memberikan pengarahan, motivasi, serta contoh yang baik kepada anak dalam mengikuti kegiatan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Jum’at Bersih; Karakter; Peduli Lingkungan; Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:18
Last Modified: 03 Dec 2022 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics