Optimalisasi media sosial instagram untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas X pada materi hukum newton

Wijaya MS, Rismanto (2022) Optimalisasi media sosial instagram untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas X pada materi hukum newton. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Rismanto_Wijaya_MS_1808066011_Skripsi_Lengkap] Text (Rismanto_Wijaya_MS_1808066011_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1808066011_Rismanto_Wijaya_MS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga tujuan untuk mengetahui bentuk optimalisasi media sosial Instagram untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas X pada materi Hukum Newton; mengetahui kualitas media pembelajaran fisika berbasis media sosial Instagram yang dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri siswa, dan; mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar fisika materi pokok Hukum Newton setelah pengaplikasian media yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan berupa R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai uji skala kecil dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen serta kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol pada uji skala besar. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk pengoptimalisasi media sosial Instagram yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika berupa fitur postingan foto, Instagram Video, Reels, Guides, filter dan Instagram Story. Media pembelajaran sangat layak digunakan dengan penilaian skor 214 pada validator 1 dan skor 197 pada validator 2 menggunakan simpangan baku ideal. Respon siswa pada uji coba terbatas yang menunjukkan hasil rata-rata nilai simpangan baku ideal keseluruhan dengan kategori layak dengan skor 158. Peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen didapatkan dari penarikan kesimpulan N-Gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang, dan kelas kontrol dengan hasil N-Gain 0,09 dengan kategori rendah. Peningkatan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen menunjukkan N-Gain 0,32 pada kriteria sedang dan kelas kontrol dengan N-Gain 0,12 dengan kategorisasi rendah. Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis sosial media Instagram yang dikembangkan layak serta dapat meningkatkan prestasi dan motivasi siswa dalam menunjang kegiatan pembelajaran fisika materi Hukum Newton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Fisika; Instagram; Hukum Newton; Motivasi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 03 Dec 2022 06:01
Last Modified: 03 Dec 2022 06:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18200

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics