Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) mahasiswa pendidikan fisika UIN Walisongo Semarang

Shofani, Maya (2022) Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) mahasiswa pendidikan fisika UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Maya_Shofani_1808066025_Skripsi_Lengkap] Text (Maya_Shofani_1808066025_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1808066025_Maya_Shofani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Integrasi pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten disebut dengan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK). Profil kemampuan TPaCK dapat diukur sebagai wujudevaluasi pembelajaran, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi tingkat, faktor dan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa prodi pendidikan fisika UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2018 dalam menerapkan kemampuan TPaCK ketika melakukan kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode survei digunakan menggunakan instrumen angket dan lembar wawancara. Responden penelitian ini berjumlah 40 mahasiswa yang dipilih secara Sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan TK (Technological Knowledge) responden dalam kategori sangat tinggi (90,68%), PK (Pedagogical Knowledge) sangat tinggi (86,19%), CK (Content Knowledge) tinggi (81,42%), TCK (Technological Content Knowledge) sangat tinggi (89,42%), PCK (Pedagogical Content Knowledge) sangat tinggi (84,67%), TPK (Technological Pedagogical Knowledge) sangat tinggi (89,75%) dan TPaCK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Tinggi (76,50%). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan,kemampuan TK ditunjang dengan faktor tuntutan penggunaan teknologi, PK ditujang dengan faktor tuntutan menjadi guru profesional , CK ditunjang dengan penguasaan materi dan kemampuan lainditunjang dari pengintegrasian ketiga faktor penunjang komponen utama TPaCK. Responden mengupayakan koneksi yang stabil dalam menerapkan TK, mengupayakan kemampuan PK dengan menyajikan pembelajaran yang mudah dipahami siswa, memperkuat konsep materi untuk menerapkan kemampuan CK dan mengupayakan kemampuan lain melalui pengintegrasian upaya yang dilakukan untuk menunjang ketiga komponen utama TPaCK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pedagogi; Konten; Teknologi; Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:40
Last Modified: 03 Dec 2022 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics