Tafawwuq al-kitāb "Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012" li Arif Friyadi wa Khoridah min nāḥiyah al-mādah
Jumiati, Jumiati (2013) Tafawwuq al-kitāb "Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012" li Arif Friyadi wa Khoridah min nāḥiyah al-mādah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093211071_Skripsi_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
093211071_Skripsi_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093211071_Skripsi_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
093211071_Skripsi_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093211071_Skripsi_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093211071_Skripsi_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (583kB) | Preview
093211071_Skripsi_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (305kB) | Preview
Abstract
Pembahasan pembelajaran ini adalah tentang Keunggulan Buku “Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012” oleh Arif Friyadi dan Khoridah dari Segi Materi. Dan pembahasan ini berpusat pada dua persoalan utama, yaitu:
1. Apa materi yang digunakan di dalam Buku “Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012” oleh Arif Friyadi dan Khoridah?
2. Apakah buku “Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012” oleh Arif Friyadi dan Khoridah sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 dari segi materi?
Untuk mendapatkan data-data yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan di atas maka peneliti menggunakan pencarian kepustakaan dan metode interview. Kemudian peneliti mengarahkan dalam analisis data kepada metode analisis isi.
Adapun hasil dari pembahasan ini adalah sesungguhnya buku “Mahir Berbahasa Arab 1 Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tahun 2012” oleh Arif Friyadi dan Khoridah adalah buku ajar tambahan untuk kelas VII unggulan Madrasah Tsanawiyah yang berisi tentang percakapan sehari-hari yang diawali dari mufrodat kemudian dilanjutkan dengan dialog dan potongan kalimat atau bacaan dan latihan.
Penulis menuliskan 20 bab di buku tersebut. Bab pertama: di kelas, bab kedua: di perpustakaan, bab ketiga: di kantin, bab keempat: kata-kata sifat, bab kelima: warna-warna, bab keenam: bentuk-bentuk, bab ketujuh: di rumah, bab kedelapan: di ruang tamu, bab kesembilan: di tempat tidur, bab 10: di dapur, bab 11: di kamar mandi, bab 12: di pasar sayur, bab 13: di jalan, bab 14: arah mata angin, bab 15: angka 1-10, bab 16: angka belasan, bab 17:angka 21-99, bab 18: anggota tubuh manusia, bab 19: perintah-perintah, dan bab 20: larangan-larangan.
Buku “Mahir Berbahasa Arab 1” belum sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. Karena sebagian materi seperti mteri kata-kata sifat, warna-warna, bentuk-bentuk, di pasar sayur, di jalan, arah mata angin, angka-angka, anggota tubuh manusia, perintah-perintah, dan larangan merupakan materi tambahan yang diberikan untuk siswa kelas VII unggulan Madrasah Tsanawiyah. Karena materi tersebut tidak ada di dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008.Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. Danmateri seperti di kelas, di perpustakaan dan di kantin adalah materi-materi yang sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008, yaitu materi di sekolah. Dan materi di rumah, di ruang tamu, di ruang tidur, di dapur, dan di kamar mandi adalah materi yang sesusai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 04 Apr 2014 00:54 |
Last Modified: | 04 Apr 2014 00:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year