Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning dalam peningkatan penalaran matematis dan self efficacy siswa materi PLSV kelas VII SMP N 1 Gabus
Kusuma, Malisa Diah Ayu (2022) Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning dalam peningkatan penalaran matematis dan self efficacy siswa materi PLSV kelas VII SMP N 1 Gabus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056033_Malisa_Diah_Ayu_Kusuma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penalaran matematis dan self efficacy peserta didik kelas VII SMP N 1 Gabus dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran Guided Doscovery Learning dalam peningkatan pada penalaran matematis siswa SMP N 01 Gabus. Dan juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran Guided Doscovery Learning dalam peningkatan pada self efficacy siswa SMP N 01 Gabus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group desain. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes. Hasil analisis diperoleh, a) self efficacy peserta didik yang menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari self efficacy peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning. b) Penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari penalaran matematis peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan pembelajaran Guided Discovery Learning efektif terhadap self efficacy maupun penalaran matematis peserta didik pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) kelas VII SMP N 1 Gabus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Doscovery Learning; self efficacy; Penalaran Matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 26 Nov 2022 04:36 |
Last Modified: | 26 Nov 2022 04:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18218 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year