Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning dalam peningkatan penalaran matematis dan self efficacy siswa materi PLSV kelas VII SMP N 1 Gabus

Kusuma, Malisa Diah Ayu (2022) Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning dalam peningkatan penalaran matematis dan self efficacy siswa materi PLSV kelas VII SMP N 1 Gabus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808056033_Malisa_Diah_Ayu_Kusuma] Text (Skripsi_Lengkap_1808056033_Malisa_Diah_Ayu_Kusuma)
Skripsi_1808056033_Malisa_Diah_Ayu_Kusuma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penalaran matematis dan self efficacy peserta didik kelas VII SMP N 1 Gabus dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran Guided Doscovery Learning dalam peningkatan pada penalaran matematis siswa SMP N 01 Gabus. Dan juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran Guided Doscovery Learning dalam peningkatan pada self efficacy siswa SMP N 01 Gabus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group desain. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes. Hasil analisis diperoleh, a) self efficacy peserta didik yang menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari self efficacy peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning. b) Penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari penalaran matematis peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran Guided Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan pembelajaran Guided Discovery Learning efektif terhadap self efficacy maupun penalaran matematis peserta didik pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) kelas VII SMP N 1 Gabus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guided Doscovery Learning; self efficacy; Penalaran Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:36
Last Modified: 26 Nov 2022 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics