Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Gebangsari 02 Genuk Semarang

Arifin, Iqbal Fadli (2021) Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Gebangsari 02 Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036060_IQBAL_FADLI_ARIFIN] Text (SKRIPSI_1703036060_IQBAL_FADLI_ARIFIN)
1703036060_Iqbal Fadli Arifin_Lengkap Tugas Akhir - iqbal fadlia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik dalam meningkatkan Kinerja Guru?. 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Gebangari 02 sebagai berikut, 1) kepala sekolah melakukan pembinaan di dalam sekolah serta di luar sekolah. pembinaan yang dilakukan di dalam sekolah adalah rapat rutinan, diskusi secara individu, penilaian, dan kunjungan kelas, pembinaan yang dilakukan di luar sekolah adalah mengikut sertakan guru dalam pelatihan workshop dan kelompok kerja guru. 2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah sebagai berikut: a) faktor pendukung, terpenuhinya sarana dan prasarana, antusias guru ikut serta dalam pelatihan, b) faktor penghambat, sulit memahami tentang teknologi bagi beberapa guru sepuh dikarenakan faktor usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah; Supervsi Akademik; Kinerja Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:08
Last Modified: 26 Nov 2022 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18226

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics