Strategi peningkatan kualitas kinerja guru di masa pandemi (studi kasus di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara)

Oktavia, Layyinatus Siffa (2022) Strategi peningkatan kualitas kinerja guru di masa pandemi (studi kasus di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1703036062_Layyinatus Siffa Oktavia_Full Skripsi - Layyina Oktavia.pdf] Text
1703036062_Layyinatus Siffa Oktavia_Full Skripsi - Layyina Oktavia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksiapan guru dalam pembelajaran daring yang mengakibatkan menurunnya kualitas kinerja guru dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, kepala madrasah membuat strategi peningkatan kualitas kinerja guru di masa pandemi, sementara itu MA Matholi’ul Huda Bugel ditinjau dari strategi kepala madrasah dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kualitas kinerja guru dan hasil belajar siswa setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas kinerja guru, dan kualitas kinerja guru di masa pandemi di MA Matholi’ul Huda Bugel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MA Matholi’ul Huda Bugel. Adapun data yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dengan membuat program yakni pelatihan teknologi informasi seperti e-learning, pembinaan guru dengan mengikutsertakan guru pada MGMP dan bimtek, dan memberikan motivasi kepada guru. (2) kinerja guru meliputi: Perencanan yang dilakukan oleh guru dengan membuat RPP, silabus, tugas pokok, dan tugas semester, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh atau daring menggunakan aplikasi e-learning. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pelaksanaan ujian, penilaian terhadap peserta didik, dan menyediakan kotak kritik dan saran untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; peningkatan kualitas; kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Nov 2022 05:00
Last Modified: 26 Nov 2022 05:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics