Analisis kemampuan computational thinking peserta didik dalam penyelesaian soal aritmatika sosial ditinjau dari pola sidik jari

Marfuah, Ayu Siti (2022) Analisis kemampuan computational thinking peserta didik dalam penyelesaian soal aritmatika sosial ditinjau dari pola sidik jari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1808056006_Ayu Marfuah_Skripsi lengkap.pdf] Text
1808056006_Ayu Marfuah_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penenelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan HOTS matematika siswa Indonesia tergolong rendah pada tes Pisa 2018. Setiap orang memiliki cara, kemampuan dan gaya berpikir yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal matematika, hal ini dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan logis matematisnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan HOTS peserta didik adalah dengan menerapkan computational thinking.
Siswa yang unggul pada suatu kemampuan dasar matematika tidak selalu unggul dalam kemampuan dasar matematika lainnya. Pada dasarnya kemampuan matematika pada setiap siswa dapat diselidiki secara dini melalui tes sidik jari. Terdapat keterkaitan antara pola sidik jari dengan sistem kerja otak. Kecerdasan logika matematika dihubungkan oleh jari telunjuk sebelah kanan. Berdasarkan persoalan tersebut, sebagai langkah awal analisis terhadap kemampuan computational thinking peserta didik ditinjau dari pola sidik jari perlu dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan computational thinking peserta didik dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial bertipe hots ditinjau dari tipe pola sidik jari. Penelitian ini dilakukan di SMP N 01 Rambah Samo pada kelas VII A dan VII B SMP N 01 Rambah Samo, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 41 siswa. Penelitian ini menggunakan materi aritmatika sosial bertipe HOTS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan computational thinking pada peserta didik dengan tipe pola sidik jari arches, loops dan whorls. Peserta didik dengan tipe pola sidik jari arches memiliki kemampuan computational thinking yang lebih rendah dibanding dengan peserta didik dengan tipe pola sidik jari loops dan whorls. Dan peserta didik dengan tipe pola sidik jari whorls memiliki kemampuan computational thinking lebih tinggi dibanding dengan peserta didik dengan tipe pola sidik jari arches dan loops.
Kemampuan berpikir computational thinking peserta didik dengan tipe pola sidik jari arches belum memenuhi semua indikator computational thinking. Peserta didik dengan tipe pola sidik jari loops telah memenuhi semua indikator keterampilan computational thinking yang cukup baik. Peserta didik dengan tipe pola sidik jari whorls di kategorikan memiliki keterampilan computational thinking yang tinggi. Dengan perolehan skor rata-rata whorls 71,54, loops 49,77 dan arches 40,44.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan computational thinking; pola sidik jari; aritmatika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Dec 2022 10:36
Last Modified: 14 Oct 2023 01:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18235

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics