Implementasi media pembelajaran championship track math dengan metode course review horey untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan SPLDV

Mentari, Sri (2022) Implementasi media pembelajaran championship track math dengan metode course review horey untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan SPLDV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056025_Sri_Mentari] Text (Skripsi_1808056025_Sri_Mentari)
Skripsi_1808056025_Sri_Mentari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hasil nilai harian matematika di SMPN 1 Gabus menunjukkan bahwa sebanyak kurang lebih 40% siswa di kelas mendapatkan nilai di bawah KKM. Selama proses pembelajaran di dalam kelas siswa hanya mencatat materi dan contoh soal-soal mudah yang diberikan oleh guru tanpa memahaminya terlebih dahulu. Oleh karena itu peneliti menerapkan Media Pembelajaran Championship Track Math dengan Metode Course Review Horey untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Secara garis besar, ada empat tahap yang digunakan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, yang mana mengalami dua siklus dan di setiap siklus siswa diberikan tes tertulis mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep yang berawal hanya kurang dari 61% menjadi diatas 61% untuk setiap indikator, semua siswa mendapatkan nilai diatas 70, nilai post test lebih tinggi daripada pre test, dan persentase pemahaman konsep siswa semakin baik setelah menggunakan Media Pembelajaran Championship Track Math dengan Metode Course Review Horey.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematis; SPLDV; Siswa; Tindakan kelas
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 06 Dec 2022 10:06
Last Modified: 06 Dec 2022 10:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics