Implementasi model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan simulasi Phet terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi gelombang

Ningrum, Naili Fitria (2022) Implementasi model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan simulasi Phet terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada materi gelombang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808066026_Naili_Fitria_Ningrum] Text (Skripsi_Lengkap_1808066026_Naili_Fitria_Ningrum)
Skripsi_1808066026_Naili_Fitria_Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Fisika tidak hanya mempelajari rumus-rumus akan tetapi perlu pemahaman konsep untuk menyelesaikan problematika pada kehidupan sehari-hari. Siswa membutuhkan praktik untuk memahami konsep tersebut. Laboratorium virtual adalah media yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk meningkatkan ketertarikan dalam belajar. Salah satu laboratorium virtual adalah PhET. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan simulasi PhET lebih besar daripada siswa yang menggunakan model pembalajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian berupa posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Semarang dengan sampel kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan simulasi PhET lebih besar daripada siswa yang menggunakan model pembalajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Flipped classroom; PhET; Hasil belajar kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:38
Last Modified: 07 Dec 2022 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics