Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Zahroh, Wahyuni Minatus (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808076018_Wahyuni_Minatus_Zahroh] Text (Skripsi_Lengkap_1808076018_Wahyuni_Minatus_Zahroh)
Skripsi_1808076018_Wahyuni_Minatus_Zahroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar kimia di MA Tarbiyatul Banin Pekalongan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, belum berbasis pemecahan masalah dan belum memanfaatkan media elektronik seperti smartphone atau laptop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Tarbiyatul Banin Pekalongan. Karakteristik e-LKPD berbasis PBL hasil pengembangan berupa FlipBook digital yang menyajikan langkah kegiatan belajar sesuai dengan sintak pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis PBL ini valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,96 dengan kategori valid, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,95 dengan kategori valid, sedangkan hasil respon peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 81,3% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD); Problem Based Learning (PBL); Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:21
Last Modified: 07 Dec 2022 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics