Implementasi pembelajaran contextual teaching and learning berbasis etnomatematika motif batik jlamprang terhadap pemahaman konsep bangun datar segitiga SMP NU Karangdadap Pekalongan

Afiyana, Yulia (2022) Implementasi pembelajaran contextual teaching and learning berbasis etnomatematika motif batik jlamprang terhadap pemahaman konsep bangun datar segitiga SMP NU Karangdadap Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056057_Yulia_Afiyana] Text (Skripsi_1808056057_Yulia_Afiyana)
Skripsi_1808056057_Yulia_Afiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki siswa. Media etnomatematika motif batik jlamprang menjadi salah satu media yang dapat diterapkan untuk membantu siswa dalam memahami konsep segitiga. Motif batik jlamprang merupakan motif khas Kota Pekalongan yang mengandung unsur geometri. Penelitian ini akan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran contextual teaching and learning berbasis etnomatematika motif batik jlamprang. Metode kualitatif deskriptif digunakan guna mengambil subjek siswa kelas VII A SMP NU Karangdadap Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, angket dan wawancara. Setelah mengikuti pembelajaran contextual teaching and learning berbasis etnomatematika motif batik jlamprang, kemampuan pemahaman konsep siswa dari hasil pre-test adalah 47,27% sedangkan dari hasil post-test adalah 65,38%. Walaupun begitu, kemampuan pemahaman konsep siswa masih perlu ditingkatkan terutama dalam indikator mengaitkan suatu konsep dengan konsep yang lain. Siswa juga memberikan respon positif terhadap penggunaan media motif batik jlamprang dalam pembelajaran, meskipun masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang keterkaitan antara motif batik jlamprang dengan matematika dan menjadikan inovasi dalam menggunakan media kontekstual pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Contextual teaching and learning; Etnomatematika; Motif batik jlamprang; Pemahaman konsep; Bangun datar segitiga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:52
Last Modified: 07 Dec 2022 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics