Rancang bangun aplikasi GofisPTN pendekatan self regulated learning untuk simulasi TKA fisika SBMPTN

Indiany, Laela (2022) Rancang bangun aplikasi GofisPTN pendekatan self regulated learning untuk simulasi TKA fisika SBMPTN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066042_Laela_Indiany] Text (Skripsi_1808066042_Laela_Indiany)
Skripsi_1808066042_Laela_Indiany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya aplikasi yang dapat diakses secara gratis dengan kelengkapan konten video, simulasi, dan motivasi untuk dioperasikan secara mandiri oleh peserta didik yang akan mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan fisika pada soal kategori high order thinking skills (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan produk aplikasi GofisPTN sebagai media belajar SBMPTN bidang keilmuan fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D model ADDIE yang dibatasi hanya sampai prosedur penelitian meliputi analyze, design, develop. Subjek penelitian meliputi 34 peserta kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jepon yang dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel proportionate cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen pra riset berupa angket yang disebarkan ke peserta didik, serta pedoman wawancara kepada guru fisika kelas XI MIPA, sedangkan instrumen untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan aplikasi GofisPTN adalah meliputi lembar penilaian validator ahli, serta angket respon peserta didik. Kualitas aplikasi GofisPTN dinilai dari aspek kevalidan oleh validator ahli menunjukkan validitas aiken sebesar 0,82 sehingga dapat dikategorikan sangat valid. Angket uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor empiris 86,39% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan data hasil, maka aplikasi GofisPTN dinyatakan valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk belajar SBMPTN bidang keilmuan fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran; SBMPTN; Belajar Mandiri; Pemecahan Masalah Fisika; GofisPTN; Self regulated learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:31
Last Modified: 07 Dec 2022 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18267

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics