Pengaruh kemandirian belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Lutfiyana, Lina (2022) Pengaruh kemandirian belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056098_Lina_Lutfiyana] Text (Skripsi_1808056098_Lina_Lutfiyana)
Skripsi_1808056098_Lina_Lutfiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa diantaranya dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan resiliensi matematis sehingga perlu memaksimalkan kedua hal tersebut agar kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar (X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (Y) siswa kelas VIII SMP Manbaul Hikmah tahun pelajaran 2021/2022; (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis (X2) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (Y) siswa kelas VIII SMP Manbaul Hikmah tahun pelajaran 2021/2022; (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar (X1) ) dan resiliensi matematis (X2) secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (Y) siswa kelas VIII SMP Manbaul Hikmah tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Manbaul Hikmah tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII C yang berjumlah 48 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster rundom sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan resiliensi matematis secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Resiliensi matematis; Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:37
Last Modified: 07 Dec 2022 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics