Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di MA Uswatun Hasanah Semarang

Miftahuddin, Miftahuddin (2021) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di MA Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036091_MIFTAHUDDIN] Text (SKRIPSI_1703036091_MIFTAHUDDIN)
1703036091_Miftahuddin_Skripsi Lengkap - MASMIP TV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas belajar guru. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data yang sudah dikumpulkan berupa kata-kata, tertulis gambar dan bukan sebuah angka. Penelitian ini dilakukan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari kepala madrasah dan guru di MA Uswatun Hasanah Semarang. Data observasi diperoleh melaui observasi secara langsung mengenai kegiatan supervisi kepala madrasah di MA Uswatun Hasanah Semarang. Dan didukung dengan bukti dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah sudah berjalan sesuai dengan pedoman supervisi dan penilaian kinerja guru. Faktor pendukung supervisi di MA Uswatun Hasanah selain dari kesiapan guru yang bersedia disuoervisi, terdapat faktor lain yang lebih utama adalah kecakapan kepala madrasah. Kepala madrasah perlu mengetahui kemampuan guru dalam mengajar, apakah guru tersebut dapat dikatakan sebagai guru profesional atau masih memerlukan banyak binaan, disini adanya kerjasama antara guru dan guru serta guru dan kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi kepala madrasah di MA Uswatun Hasanah memberikan implikasi yang cukup signifikan bagi peningkatan kualitas pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah; Kepala Madrasah; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:29
Last Modified: 03 Dec 2022 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics