Peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Diwerna Kab. Tegal

Afifah, Vina Nurul (2021) Peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Diwerna Kab. Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036108_VINA_NURUL_AFIFAH] Text (SKRIPSI_1703036108_VINA_NURUL_AFIFAH)
1703036108_Vina Nurul Afifah_Full Skripsi - Vina Nurul Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Untuk dapat meningkatkan mutu sekolah tentu tidak terlepas dari adanya peran kepala sekolah sebagai manajer. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis kepada SMP Negeri 1 Adiwerna yang mampu meningkatkan mutu sekolahnya walaupun terdapat peraturan yang berubah terkait mutu, dan terdapat guru yang belum memiliki motivasi dan kinerja yang baik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal, (2) Pengorganisasian manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal, (3) Pemimpin manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal, (4) Pengendalian manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Adiwerna Kab. Tegal.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, uji keabsahan data melalui triangulasi dan kemudian data dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kepala sekolah dalam standar isi, standar proses, standar pendidik dan kependidikan, dan standar pengelolaan.(2) Pengoorganisasian kepala sekolah dalam dari standar isi, standar pengelolaan, standar pendidik dan kependidikan, dan standar pengelolaan. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam standar isi, standar pengelolaan, standar pendidik dan kependidikan, dan standar pengelolaan. 4) Pengendalian kepala sekolah dalam standar isi, standar pengelolaan, standar pendidik dan kependidikan, dan standar pengelolaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajerial Kepala Sekolah; Mutu Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Dec 2022 04:00
Last Modified: 03 Dec 2022 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics