Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kab. Brebes

Aminah, Siti (2021) Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kab. Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036115_SITI_AMINAH] Text (SKRIPSI_1703036115_SITI_AMINAH)
1703036115_Siti Aminah_Full Skripsi - azza fashion.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah organisasi. Sehingga sebesar apapun dana yang ada, secanggih apapun alat dan sarana kerja yang dimiliki perusahaan, sebaik apapun kualitas bahan yang dipunyai namun tanpa adanya komponen manusia (man), organisasi akan sulit untuk mencapai tujuannya. Akan tetapi pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki setiap SDM berbeda beda oleh karena itu perlunya strategi yang digunakan oleh pemimpin untuk meningkatkan kinerja pegawai tersebut agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kab. Brebes (2) Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kab. Brebes.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kinerja pegawai dapat dikatakan baik namun belum secara keseluruhan. (2) Strategi kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala kantor Kementerian Agama Kab. Brebes adalah strategi khusus dengan menegakkan aturan kedisiplinan, meningkatkan motivasi pegawai, dan meningkatkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Kepemimpinan; Kinerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Dec 2022 06:44
Last Modified: 03 Dec 2022 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics