Pengembangan petunjuk praktikum elektronik berbasis green chemistry pada materi laju reaksi di SMA Negeri 8 Semarang

Ayuningtiyas, Brilianti Sekar (2022) Pengembangan petunjuk praktikum elektronik berbasis green chemistry pada materi laju reaksi di SMA Negeri 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076059_Brilianti Sekar Ayuningtiyas] Text (Skripsi_1808076059_Brilianti Sekar Ayuningtiyas)
Skripsi_1808076059_Brilianti Sekar Ayuningtiyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tidak adanya petunjuk praktikum ketika pembelajaran praktikum mengakibatkan peserta didik kurang mengetahui tata cara praktikum dan tata tertib praktikum sehingga tujuan pembelajaran tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum elektronik berbasis green chemistry yang dapat mempermudah guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran praktikum. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan. Penelitian ini menggunakan instrumen dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Aikens’ V dan rumus persentase untuk perhitungan data respon dan observasi sikap iilmiah peserta didik. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Kelayakan petunjuk praktikum dinilai oleh validator ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori valid dengan nilai validitas berturut-turut 0,81 dan 0,80 sehingga petunjuk praktikum dapat dijadikan sebagai media pembelajaran praktikum. Hasil respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 96,8% sehingga petunjuk praktikum praktis digunakan. Sikap ilmiah peserta didik pada praktikum kimia berbasis green chemistry pada materi laju reaksi termasuk dalam kategori baik dengan perolehan persentase sebesar 82,8% sehingga sikap ilmiah peserta didik terlihat dengan adanya petunjuk praktikum elektronik berbasis green chemistry.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Petunjuk Praktikum Elektronik; Green Chemistry; Laju Reaksi; Sikap Ilmiah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:00
Last Modified: 09 Dec 2022 09:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics