Implementasi etika bisnis dalam pelayanan pada biro perjalanan wisata : studi eduwisata Semarang

Ma'arif, Muhammad Gufron (2022) Implementasi etika bisnis dalam pelayanan pada biro perjalanan wisata : studi eduwisata Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026097_Muhammad_Gufron_Ma_arif] Text (Skripsi_1705026097_Muhammad_Gufron_Ma_arif)
Skripsi_1705026097_Muhammad_Gufron_Ma_arif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Biro perjalanan merupakan salah satu jenis usaha jasa pariwisata yang menghasikan produk yang mengacu pada keuasan dan kebutuhan wisatawan. Produk tersebut merupakan produk yang mengandung aspek segaa peayanan yang dibutuhkan wisatwan, mulai dari keberangkatan hingga kepullanganya. Maka dari itu, Indonesia kebanyakan penduduk masayarakat muslim, pelayanan sesuai dengan etika bisnis islam sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Penelitian ini mengambill focus permasalahan: 1) Bagaimana pelayanan pada biro perjalanan wisata Eduwisata Semarang? 2) Bagaiamana implementasi etika bisnis islam dalam pelayanan pada biro perjalanan wisata Eduwisata Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data peneitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Adapum teknis anaisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi etika bisnis islam dalam pelayanan pada biro perjalanan Eduwisata Semarang sebagai berikut: Layanan biro Eduwisata Semarang memiliki model yang digunakan dalam pelayanan diantaranya menyelesaikan proses dan segala jenis persiapan ke tempat wisata, melakukan edukasi kepada konsumen saat perjalanan wisata, pemilihan tempat lokasi, serta pemilihan tempat makan dan penginapan. Adapun implementasi etika bisnis islam dalam layanan dengan melakukan beberapa hal yaitu Unity (kesatuan), Equilibrium (Keseimbangan, Adil), Freewil (Kebebasan berkehendak), dan tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Pelayanan; Biro perjalanan wisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:32
Last Modified: 13 Dec 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics