Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas karyawan di rumah makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Kedungpane Semarang

Lahu, Iqbal (2021) Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas karyawan di rumah makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Kedungpane Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of IQBAL LAHU_1601016089_Skripsi Lengkap] Text (IQBAL LAHU_1601016089_Skripsi Lengkap)
1601016089_iqbal lahu_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Religiusitas merupakan suatu sikap keagamaan yang ditampilkan. Religiusitas sebagai keberagamaan yang berarti meliputi berbagai macam sisi atau dimensi yang bukan hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual (beribadah), Salah satu permasalahan penting yang di hadapi karyawan pada umumnya adalah minimnya relegiusitas terutama dalam dimensi ritualistic atau praktik dalam hal beribadah, dalam situasi ini bimbingan agama islam menjadi solusi yang tepat untuk menjaga dan meningkatkan keagamaan terutama dalam dimensi ritualistic religusitas karyawan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan bimbingan Agama Islam dalam meningkatkan dimensi ritualistic Religusitas Karyawan di Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Kedungpane Semarang? 2.Faktor apa sajakah yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan Bimbinga Agama Islam dalam meningkatkan Dimensi Ritualistic Religusitas karyawan di Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Kedungpane Semarang.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif naratif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertama Pelaksanaan Bimbingan agama islam terhadap karyawan dalam meningkatkan dimensi ritualistic religusitas melalui bimbingan individu dan kelompok, kegiatan-kegiatan yang diberikan kepada karyawan diantaranya berupa sholat fardu berjamaah, pembacaan dzikir pagi dan sore, pengajian yasinan setiap malam jum’at dan pengajian bulanan yang sudah terjadwal bagi seluruh karyawan, pembimbing dari proses bimbingan terhadap karyawan yaitu manager dan ketua tim dakwah, metode yang digunakan secara langsung yang terbagi dalam dua cara, yaitu bimbingan secara individu melalui tatap muka langsung antara pembimbing dan karyawan dan secara kelompok melalui kegiatan pengajian bersama kusus untuk karyawan, adapun materi yang disampaikan dalam pelaksanaan bimbingan yaitu tentang akidah, syari’at dan akhlak. Kedua, Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan bimbinga agama islam dalam meningkatkan dimensi ritualistic religusitas karyawan antara lain pertama secara SOP prosedur yang diterapkan salah satunya adalah perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan yang menyatakan bahwa karyawan harus mengikuti kegiatan yang sudah terlaksana di rumah makan tersebut dan kedua secara lingkungan yang mendukung seperti halnya karyawan yang mayoritas alumni dari pondok pesantren sudah terbiasa dalam kegiatan keagamaan. dan faktor penghambat kegiatan yakni kurang terbiasanya karyawan, tidak semua karyawan terbiasa oleh kegiatan tambahan dalam bekerja terkusus kegiatan agama yang ada di lingkungan kerja dari hal ini sehinga berdampak adanya pelangaraan kerja oleh karyawan seperti bolos kegiatan sampai keluar dari pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Dimensi Ritualistic; Religusitas; Karyawan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2022 09:54
Last Modified: 19 Dec 2022 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics