Pengaruh latar belakang pendidikan dan program pelatihan dasar perbankan syariah terhadap peningkatan kinerja karyawan Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Semarang

Rizqiya, Shofa Salsabila (2022) Pengaruh latar belakang pendidikan dan program pelatihan dasar perbankan syariah terhadap peningkatan kinerja karyawan Bank Jateng Syariah Kantor Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036109_Shofa_Salsabila_Rizqiya] Text (Skripsi_1805036109_Shofa_Salsabila_Rizqiya)
Skripsi_1805036109_Shofa_Salsabila_Rizqiya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Industri perbankan syariah semakin meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, perbankan syariah harus mampu meningkatkan kinerja dengan mendapatkan lebih banyak sumber daya manusia yang kompeten agar lebih meningkatkan laju pertumbuhan industri perbankan syariah di masa depan. Sumber daya manusia merupakan bagian penting dari bank syariah. Sumber daya manusia yang baik haruslah memiliki keterampilan, pengetahuan, serta sikap yang baik dalam kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan pelatihan dasar perbankan syariah terhadap kinerja karyawan pada Bank Jateng Syariah KC Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan responden sebanyak 31 karyawan dimana total sampel sama dengan jumlah populasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Statistik F, Koefisien Determinasi (R2), dan Uji Statistik t. Data pada penelitian diproses menggunakan program aplikasi SPSS versi 25. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 sampai Juli 2022.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa variabel latar belakang pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Jateng Syariah KC Semarang. Sedangkan,variabel pelatihan dasar perbankan syariah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Jateng Syariah KC Semarang. Sementara itu, variabel latar belakang pendidikan dan pelatihan dasar perbankan syariah secara bersamaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Jateng Syariah KC Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Pelatihan Kerja; Kinerja; Sumber Daya Manusia; Karyawan; Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 19 Dec 2022 10:04
Last Modified: 19 Dec 2022 10:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics