Penerapan metode pembiasaan religi dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini 5-6 tahun di RA Miftahul Ahlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2021-2022

Khasanah, Ayu Lu’atul (2022) Penerapan metode pembiasaan religi dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini 5-6 tahun di RA Miftahul Ahlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106068_Ayu Lu’atul Khasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1603106068_Ayu Lu’atul Khasanah_Lengkap)
1603106068-Ayu Lu_atul Khasanah-Skripsi - Ayu Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode pembiasaan religi dalam pengembangan nilai agama dan moral anak di RA Miftahul Ahlaqiyah sudah berjalan dengan maksimal
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan subjek dalam penelitian ini yaitu satu pendidik kelas yang mengajar kelompok B1 dan peserta didik B1, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode pebiasaan religi dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini 5-6 tahun di RA Miftahul Ahlaqiyah. Informasi dalam penelitian ini juga diperoleh dari kepala sekolah, Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode pembiasaan religi dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini 5-6 tahun melalui bentuk pembiasaan kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan teladan. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama dan moral peserta didik sudah tercapai sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan peserta didik, walau hasilnya tidak sempurna namun standar pencapaian perkembangan peserta didik disini sudah dapat menggambarkan hasil yang positif, hal ini tentunya tidak lepas dari peran guru dalam mendidik khususnya peserta didik yang berada di RA Miftahul Ahlaqiyah dan peran orang tua dirumah dalam mengawasi dan memberi tauladan atau contoh yang baik bagi anak tak lupa pula peran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan religi; Nilai agama; Moral anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:35
Last Modified: 20 Dec 2022 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics