Perkembangan sosial melalui permainan tradisional congklak pada anak usia dini di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal

Zen, Farah Nurul Azmi (2022) Perkembangan sosial melalui permainan tradisional congklak pada anak usia dini di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106001_Farah Nurul Azmi Zen_Lengkap] Text (Skripsi_1803106001_Farah Nurul Azmi Zen_Lengkap)
1803106001_Farah Nurul A.Z_Skripsi - Farah Nurul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di lingkungan sekitar karena peneliti mengetahui adanya permasalahan perkembangan sosial anak di lingkungan sekitar yaitu ada anak yang tidak mau bermain dengan teman sebaya, takut bertemu orang. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian permasalahan tersebut. Perkembangan sosial sangat penting selama masa hidupnya. Manusia adalah makhluk sosial yang akan terus mengalami suatu terjadinya interaksi dengan makhluk sosial lainnya. Permainan tradisional congklak dapat dimainkan oleh 2 orang yang mana pada saat melakukan permainan akan terjadinya interaksi dan peneliti merasa bahwa permainan tradisional congklak sangat cocok untuk anak yang sulit bergaul dengan teman sebaya, takut bertemu orang lain karena permainan tradisional congklak ini dapat dimainkan di halaman rumah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber dalam penelitian ini ada sumber primer yaitu orang tua, dan sumber sekunder yaitu tetangga. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di Kelurahan Panggung khususnya RT.07/RW. 10, dapat peneliti simpulkan dari keseluruhan pembahasan ini bahwa perkembangan sosial pada anak usia dini melalui permainan tradisional congklak berkembang dengan baik karena adanya perubahan dalam perkembangan sosialnya yaitu sedikit demi sedikit anak sudah mampu berinteraksi dengan teman sebaya, dan tidak takut bertemu orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkembangan sosial; Permainan tradisional congklak; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:47
Last Modified: 20 Dec 2022 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics