Penggunaan media animasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B di TK IT Al Hikmah Tambakaji Ngaliyan tahun 2022/2023

Khumaeroh, Ilmaeda (2022) Penggunaan media animasi untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B di TK IT Al Hikmah Tambakaji Ngaliyan tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106010_ilmaeda_Lengkap] Text (Skripsi_1803106010_ilmaeda_Lengkap)
1803106010_ILMAEDA_SKRIPSI - Ilmaeda Khumaeroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini teknologi sudah cukup berkembang pesat, dengan adanya teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik begitu juga untuk dunia pendidikan. Salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh pendidik yaitu aspek sosial emosional. Pendidikan anak usia dini adalah proses yang sangat penting bagi manusia, oleh karena itu harus diberikan stimulasi-stimulasi agar perkembangannya dapat berjalan sesuai dengan tahap perkembangannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam apakah penggunaan animasi dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak pada kelompok B di TK IT Al Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode PTK yaitu penelitian tindakan kelas, di mana peneliti akan menjadi seseorang yang langsung terjun di lapangan. Peneliti akan melakukan eksperimen-eksperimen yang akan menemukan suatu jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 macam yakni, teknik pengamatan atau observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, sedangkan teks analisis data peneliti menggunakan tiga siklus yang pertama pratinndakan, kemudian siklus I dan yang terakhir siklus II.Pada tindakan prasiklus hasil yang dilakukan oleh peneliti ketika melakukan tindakan prasiklus adalah 46,2%, dan selanjutnya peneliti melakukan tindakan siklus I dan mengalami peningkatan dengan hasil 69,3% dan yang terakhir peneliti melakukan siklus ke II dan mengalami kembali dengan hasil akhir 84,7%.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak pada kelompok B di TK IT Al Hikmah, hal tersebut adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik dikarenakan seorang peneliti seharusnya memiliki jiwa yang kreatif, sopan santun dan tentunya inovatif, dengan adanya teknologi berharap anak tidak hanya melakukan kegiatan yang kurang bagus tetapi menggunakan teknologi tersebut sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media animasi; Pengembangan sosial emosional; Anak usia dini; Metode obsevasi; Tindakan kelas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:09
Last Modified: 20 Dec 2022 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics