Upaya meningkatan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan permainan tradisional engklek pada media karpet ajaib Di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal

Alfainy, Nuril (2022) Upaya meningkatan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan permainan tradisional engklek pada media karpet ajaib Di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106067_Nuril Alfainy_Lengkap] Text (Skripsi_1803106067_Nuril Alfainy_Lengkap)
1803106067_Nuril Alfainy_Full Skripsi - 67 Nuril Alfainy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penerapan permainan tradisional engklek karpet ajaib dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk membahas permasalahan 1) Bagaimana penerapan permainan tradisional engklek pada media karpet ajaib di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal ?, 2) Apakah permainan engklek dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal ?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, dimana penulis ikut berpartisipasi selama dilapangan. Dalam pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas kelompok B, dan wali murid kelompok B. Uji keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari kesimpulan ini menunjukkan bahwa: Penerapan kegiatan bermain menggunakan permaianan tradisional engklek karpet ajaib dapat mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 01 Cepiring kendal, yaitu dilihat dari perkembangan motorik kasarnya salah satunya kelincahannya yang semakin berkembang, permainan tradisional engklek karpet ajaib ini dapat melatih keseimbangan ketika anak dapat menjaga keseimbangan badan pada saat berdiri dengan satu kaki, ketepatan ketika anak mampu melempar gaco ke dalam kotak permainan, kelincahan ketika kemampuan nak melompat menggunakan satu kaki atau dua kaki pada bidang permainan dan kecepatan ketika anak mampu melompat dari satu kotak ke kotak yang lain dengan baik dan benar. Kekurangan dari permaianan tradisional engklek karpet ajaib yaitu waktu yang terbatas dikarenakan pijakan yang dibuat peneliti hanya satu sehingga anak bermain secara bergantian .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan engklek karpet ajaib; Motorik kasar; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:22
Last Modified: 20 Dec 2022 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics