Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tatap muka terbatas di MI Ma’arif Al-Ma’shum Blora tahun 2022 / 2023

Nisa, Nur Kholifah Qaumun (2022) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tatap muka terbatas di MI Ma’arif Al-Ma’shum Blora tahun 2022 / 2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096073_Nur Kholifah Qaumun Nisa_Lengkap] Text (Skripsi_1803096073_Nur Kholifah Qaumun Nisa_Lengkap)
Nur Kholifah Qaumun Nisa Skripsi Lengkap - Olifa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada PTM ( PembelajaranTatap Muka ) Terbatas pada kelas III di MI Ma’arif Al-Ma’shum Blora. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai apa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Permasalahan tersebut diteliti kemudian data dengan analisis deskriptif.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga yaitu reduksi data, display data, dan verification atau penarikan kesimpulan. Sebagai validasi / keabdahan data penelitian yang telah dikumpulkan, maka dilakukan teknik triangulasi data. Triangulasi data ini dilakukan dengan cara menggabungkan dan mendeskripsikan hasil observasi, wawancara guru, wawancara peserta didik, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru berperan dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran dengan memberikan nilai, Menciptakan persaingan individu dan kelompok, memberikan hadiah kepada peserta ketika mendapatkan hasil yang maksimal, memberikan pujian kepada peserta didik, adanya ulangan, menciptakan hasrat dan minat belajar peserta didik dengan menginformasikan sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran. penelitian ini memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan profesionalitas guru, sehingga guru dapat berperan sebagai motivator dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Motivasi; Pandemi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Dec 2022 00:26
Last Modified: 22 Dec 2022 00:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics