Analisis kesulitan belajar operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak tahun pelajaran 2021/2022

Muarifah, Muarifah (2022) Analisis kesulitan belajar operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096086_Muarifah_Lengkap] Text (Skripsi_1803096086_Muarifah_Lengkap)
1803096086_Muarifah_Full_Skripsi - Muarifah PGMI(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya siswa yang kesulitan belajar dalam memahami materi operasi hitung bilangan cacah karena beberapa faktor seperti ketidakpahaman materi serta kurangnya kemampuan dalam berhitung di kelas III MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak. Pokok masalah yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) Apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam materi operasi hitung bilangan cacah?; 2) Bagaimana upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan cacah?
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, Data yang diambil bersumber dari guru kelas dan siswa kelas III. Analisis data yang akan dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak pada materi operasi hitung bilangan cacah mengalami kesulitan dalam perkalian dan pembagian. Siswa yang berjumlah 32 banyak yang masih kesulitan diantaranya kurangnya pemahaman konsep operasi hitung, kesulitan mengoperasikan operasi hitung (algoritma), kesulitan memahami soal cerita dan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Kesulitan-kesulitan tersebut disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. Kemudian upaya untuk mengatasi kesulitan operasi hitung bilangan cacah yaitu dengan pengajaran berulang, metode hafalan dan adanya buku kendali operasi hitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Matematika; Operasi hitung; Bilangan cacah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Dec 2022 00:41
Last Modified: 22 Dec 2022 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics